Jumat, 21 Juni 2013

Mengubah Blog Menjadi Diari Pribadi

Blog sebagai sarana tulis-menulis dan publikasi tulisan di ranah maya digunakan untuk berbagai macam tujuan. Ada blog yang dijadikan sebagai sarana untuk belajar menulis. Ada yang dijadikan sebagai sarana pemasaran produk. Ada yang dijadikan sebagai sarana penyebaran informasi. Dan dari sekian banyak blogger ada juga orang yang menjadikan blog sebagai tempat untuk menulis catatan harian atau diari.

Tentu saja menulis diari yang bersifat pribadi di Internet yang notabene bisa diakses siapa saja amat riskan. Apalagi jika yang ditulis di situ berhubungan dengan hal-hal yang pribadi. Tentu saja hal-hal pribadi tersebut berpotensi mendatangkan kerugian kalau sampai bocor ke orang yang salah.

Lalu bagaimana cara mengurangi resiko tersebut ?

Caranya sebenarnya sederhana. Yang perlu kita lakukan hanyalah kebalikan dari apa yang biasanya orang lain lakukan. Ya, kalau orang lain ingin agar blog-nya dilihat oleh banyak orang maka kita akan membuat blog kita dilihat oleh semakin sedikit orang.

Salah satu caranya saya tuliskan di bawah ini. Cara yang saya tuliskan ini khusus untuk Blogger.



  1. Masuk ke laman dasbor blog-mu.
  2. Klik "Setelan" lalu klik bagian "Dasar".

  3. Pada bagian "Izin" klik Edit pada bagian "Pembaca Blog"

  4. Pilih opsi "Hanya Penulis Blog" seperti di atas lalu simpan. Opsi ini akan membuat blog kalian hanya bisa dibaca oleh kalian sendiri.
  5. Lebih lanjut jika kalian ingin memastikan bahwa tidak seorangpun yang tahu (kecuali pegawai Google tentunya) kalau kalian punya blog klik Edit pada bagian "Privasi".
  6. Pada bagian "Biarkan mesin pencari menemukan blog Anda ?" pilih tidak. Ini akan membuat blog kalian tidak bisa dicari lewat Google.
  7. Pada bagian "Tambahkan blog Anda ke cantuman kami ?" pilih tidak. Saya kurang memahami fungsi dari opsi ini, tapi dari yang saya tangkap opsi ini akan membuat blog kalian seakan-akan menghilang dari Blogger.
  8. Simpan.
Begitulah caranya. Sejujurnya cara yang paling aman menurut saya adalah  dengan tidak menulis diari di blog sama sekali. Karena yah di Internet yang bisa diakses siapa saja, keamanan data tidak bisa dijamin.

Sekian tulisan ini. Selamat mencoba !

NB : mungkin bakal ada perbedaan dengan yang sebenarnya karena ini dalam bahasa Indonesia tapi secara garis besar semuanya sama.

Referensi : laman dasbor blog sendiri dan hasil dari iseng-iseng ngeklik informasi masing-masing opsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar